waaaaH apa ya??masa w harus buka AIB w sendiri sich??...umh, yg jlas LUPA a/ mkanan vafouriTe w sehari2,,,alias>> PIKUN berat..so, wad u yg baru knl...waaah, sabar2 aja dh!!LUPA=BAWAAN OROK w..**Teman hidup** hehhe,,,,1 Lagi, salah satu cwe yg mengadopsi aliran NO UP TO DATE EveryThing banget...(apaan si?) waaaah, buat lo yg gak tau, bruntung bgt u baca profil w...>>itu a/ Persatuan Bangsa2 cwe cuTe, yg selalu "GAK AP TU DET bgt" intinya, itu w banget lah!!!!
contacT person...PIRO yo???
Mobil Tersendat Karena Bensin Kotor Kita pasti kesal jika mobil yang kita pakai sering tersendat, tidak lancar pengendaliannya. Misalnya mesin mati tiba-tiba saat kita menginjak gas. Untuk mengatasi masalah tersebut cobalah periksa komponen di mesin anda berikut ini: Selang bensin Filter bensin Karburator Biasanya ketiga faktor di atas menjadi masalah mobil sering tersendat.
Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil Bagi anda yang telah memiliki kendaraan khususnya mobil, umumnya perawatan yang akan anda keluarkan untuk memelihara kendaraan anda tidaklah sedikit, hal ini tentu saja akan menguras isi kantong anda, akan tetapi anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana berikut : Jangan memanaskan mesin terlalu lama Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat panas ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Hati-hati dengan root rack Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros. Hal ini disebabkan oleh terganggunya aliran udara akibat penempatan barang pada roof rack dan itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin akan lebih banyak keluar. Perlakukan mobil secara lembut Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan yang ideal dengan cepat tetapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam. Menjalankan mobil dengan lembut, bukan saja menghemat bensin tetapi juga memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem. Rawat teratur Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara teratur pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10% sampai 20% lebih banyak dari yang rajin dirawat. Mesin-mesin modern yang dikontrol komputer memang tidak membutuhkan tune up sesering mesin lama, tapi tetap harus dirawat. Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual. Bertindak sigap ketika mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, akan banyak membantu mengurangi risiko kantong kering. Pakai bahan bakar sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan Jika mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang. Perikasa ban Mobil Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban mobil anda minimal sebulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual ataupun di bagian dalam mobil. Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang harganya cukup mahal.
Tips Merawat Cat Mobil Menebak usia sebuah mobil dari warna catnya dapat dilakukan, walaupun tidak begitu akurat, tetapi kita dapat menebak usia sebuah mobil yang warna catnya sudah pudar adalah mobil tua. Proses pemudaran warna cat dan penurunan kualitas warna cat mobil merupakan suatu hal yang alami. Beberapa penyebabnya antara lain sinar Ultra Violet (UV) dan bahan kimia. Bahan Kimia Penyebab yang satu ini sering tidak disadari oleh pengguna kendaraan karena memang minimnya informasi. Bahan kimia dapat merusak warna cat mobil biasanya karena menyentuh body (badan) kendaraan kita dalam wujud yang sudah tidak asing lagi. seperti polutan udara, kotoran burung, serangga, pemoles mobil, garam, dan lain-lain. Polutan Udara Seperti yang telah Anda ketahui bahwa udara banyak mengandung zat kimia dalam wujud gas. Khususnya dilingkungan yang tinggi polusi udara seperti di beberapa kota besar seperti Jakarta ini, kandungan asam nitrat (HNO3) terbilang tinggi. Asam nitrat ini bersifat merusak cat mobil anda baik dalam wujud gas maupun cair (saat terbawa hujan). Kotoran Burung Kotoran burung yang menempel di body mobil sebenarnya mudah untuk dibersihkan jika masih basah, tetapi kita sering kali meremehkan atau memang tidak sempat untuk segera membersihkannya. Yang sulit untuk dibersihkan kalau kotoran tersebut sudah mengering, hati-hati bila membersihkan kotoran burung yang sudah mengering dan menjadi keras, bila tidak ingin menggores cat mobil Anda saat membersihkannya. Pemoles Mobil Meskipun bertujuan untuk mencerahkan warna cat mobil, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memanfaatkan pemoles mobil karena cara kerja dari pemoles mobil yang banyak beredar dipasaran dengan mengikis lapisan cat dengan menggunakan bahan-bahan abrasive. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan usia cat mobil berkurang. Oleh sebab itu sebisa mungkin hindari penggunaan pemoles mobil (car polish). Garam Kandungan garam yang cukup tinggi pada air akan membahayakan, karena garam akan mempercepat proses korosi Tips untuk Perawatan : Untuk menghindari terkena sinar UV terlalu banyak, agar sebisa mungkin parkir kendaraan Anda di tempat yang teduh dan terhalang dari sinar matahari langsung, bila memang akan meninggalkan mobil dalam waktu yang lama di tempat yang terkena sinar matahari langsung, ada baiknya Anda menutupi mobil Anda dengan panutup mobil (car cover). Cuci mobil secara teratur. Ada baiknya mencuci mobil minimal 2 minggu sekali untuk menghindari penumpukan polutan dan bahan kimia yang dapat merusak warna cat mobil Anda. Dan gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil dengan pH ballance, dan jangan mencuci mobil dengan sabun pencuci piring karena akan mengikis lapisan (coating) cat mobil Anda. Beri lapisan Wax Penggunaan wax sangat baik karena akan melindungi lapisan cat mobil dari sinar UV dan polutan lainnya. Lakukan waxing secara teratur sekitar 2-3 bulan sekali untuk membarikan perlindungan extra.
Sabuk Pengaman (Seatbelt) Juga Harus di Bersihkan Sabuk pengaman (seatbelt) boleh dibilang pelindung bagi pengemudi dan penumpang (bagian depan) mobil dari bahaya kecelakaan. Terkadang, komponen penyelamat ini kurang mendapat perhatian. Padahal, perawatannya sangat mudah dan sederhana. Untuk yang model tarik, permasalahan yang sering terjadi hanya tidak mau balik saja. Bila mengalami hal tersebut, jangan langsung memvonis per penarik sudah lemah. Sebab komponen itu mempunyai daya tahan yang cukup lama. Coba perhatikan permukaan dan jalur gantungan di pilar, mungkin tersumbat oleh kotoran, bila hal itu terjadi akan membuat seatbelt tidak lancar saat ditarik. Untuk membersihkannya cukup mudah. Cukup menggunakan sabun pembersih interior yang banyak dijual di pasaran. Bisa juga memakai sabun cuci tangan berbentuk cairan yang terlebih dahulu dicampur dengan air. Setelah itu, gosok permukaan seatbelt dengan menggunakan sikat gigi atau lap. Disarankan, saat disikat dibarengi dengan lap agar kotoran tidak menyerap. Jangan lupa bersihkan cover pilar dan mekanisme seatbelt. Tunggu sampai kering, setelah itu dicoba tarik-ulur. Kalau sudah lancar, ada yang perlu diingat di bawah ini. Seatbelt yang baik, karakternya tidak mengikat dan membatasi pemakainya. Lentur dan mengunci jika terjadi gerakan ke depan secara tiba-tiba. Mekanisme kunci dan tariknya jarang ada yang mau memperbaiki lantaran komponennya kecil dan tidak tersedia. Paling mudah dengan mengkanibal dari seatbelt lain. Membeli seatbelt baru lebih bagus. Jika sampai harus membeli seatbelt, usahakan bahannya empuk. Untuk beberapa merek mobil mewah, mekanisme seatbelt bekerja berdasarkan kecepatan. Semakin tinggi kecepatan, akan bekerja lebih sensitif. Tersedia seatbelt untuk ibu hamil disebut Maternity Seatbelt (MSB). Konstruksinya dua point yang menyilang dari paha kiri ke kanan dengan bahan yang lembut, sehingga tidak berbahaya bagi perut sang ibu.
Tips Membersihkan Batok Lampu Yang Berembun Sangat menjengkelkan bila pada bagian dalam lampu depan terdapat embun. Apalagi terjadi pada menjelang malam, sangat menggangu sorotan lampu. Ada beberapa hal yang sering menjadi penyebabnya. Ini dikarenakan ringkihnya sealer antara mika lampu dan reflektor. Kalau indikasinya berada disana, lepas rumah lampu dan setelah terbuka rekatkan kembali dengan sealer yang baru. Penyebab lainnya, embun masuk melalui soket lampu senja. Untuk mobil-mobil keluaran sekarang, lampu senja terintegreted dengan lampu utama. Dan beberapa lampu senja yang karet sil lampunya mudah getas sehingga dapat disusupi air. Cukup dengan menggganti sil tersebut maka persoalan bisa dituntaskan. Bagaimana jika embun bukan disebabkan karena dua hal di atas? Ada satu bagian lampu yang mungkin tidak banyak diketahui. Umumnya mobil-mobil terbaru, lensa lampu depannya terbuat dari bahan plastik. Tujuannya, selain mudah dibentuk, dengan plastik hemat biaya produksi dan berbobot ringan. Namun plastik tidak tahan panas. Padahal, bohlam halogen menghasilkan panas saat diaktifkan. Alhasil ia butuh lubang untuk mengeluarkan udara panas. Dan lubang itu berada di belakang lampu. Sudah kecil sering tersamar oleh soket dan pengatur arah sorotan lampu. Bisa jadi air masuk lewat lubang tersebut dikala mobil sedang dicuci. Cara membersihkannya, copot soket lampu bila yang dekat tabung cadangan air radiator dilepas duhulu. Setelah kaitannya terlepas, keluarkan lampu dari lubangnya. Ambil kain lalu lilitkan pada kayu dan ikat dengan karet dan masukkan ke dalam lampu melalui rongga lampu utama. Setelah digosok-gosok, lap untuk kedua kalinya, tetapi menggunakan bahan mikrofiber.
Agar AC Mobil Lebih Awet dan Tahan Lama Air conditioner (AC) pada mobil, sangat penting manfaatnya terutama di perkotaan yang kondisi jalannya kerap macet. Untuk itu cara penggunaannya pun perlu diperhatikan agar AC tidak mudah rusak. Berikut tips saat yang tepat menyalakan AC. Bila kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat posisi rotation per minute (RPM) rendah. Posisi rendah ada pada saat mesin idle atau pedal gas tidak diinjak. Langkah seperti ini perlu dilakukan bila ingin merawat AC. Alasannya, sangat sederhana., yaitu untuk menghindari gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC. Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yang sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yang bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dapat berputar. Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC. Masalahnya, pulley adalah komponen yang selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat. Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah. Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membayangkan apa yang terjadi bila kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras. Bila kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus. Bila sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan, yaitu tenaga putar mesin tak dapat diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Kondisi ini biasa disebut slip. Ada dua dampak lanjutan yang dirasakan bila terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC.
Tips Merawat Kaca Film Pada Mobil Merawat kaca film mobil sebenarnya gampang-gampang susah, kaca film ini harus dirawat dengan baik, agar kaca film tidak terlihat buram dan cepat rusak. Berikut ini beberapa langkah perawatan kaca film pada mobil : Bila hendak membersihkan lapisan kaca film hendaknya menghindari penggunaan cleaner yang mengandung soda seperti sabun cuci atau shampo rambut. Sebab, piranti penahan panas ini memiliki beberapa lapisan. Jika tersiram cairan bersoda, akan membuat satu lapisan kaca terkelupas. Setelah membersihkan lapisan kaca film, sebaiknya dibasuh dengan air bersih, kemudian gunakan lap lembut berbahan kulit atau chamois. Tujuannya, agar debu yang di lap tidak menggores permukaan kaca film. Jangan dibiasakan membuka kaca jendela ketika melewati jalan berdebu. Hal ini akan menyebabkan debu menempel pada karet jendela, jika semakin banyak debu yang menempel pada karet jendela, ketika kaca dibuka maka kotoran atau debu yang menempel bisa membuat permukaan kaca mengelupas dan merobek kaca film. Periksa karet jendela bagian dalam, bila terdapat kotoran maka segera bersihkan dengan menggunakan kuas atau sikat gigi. Caranya, turunkan kaca jendela sampai habis, kemudian sambil ditahan dengan jari, bersihkan bagian dalam karet jendela menggunakan kuas atau sikat gigi. Lakukan dengan hati-hati. Hindari bagian dalam jendela dari goresan benda tajam terutama ketika Anda memasukkan barang ke mobil. Jangan biarkan kendaraan di parkir di bawah terik matahari langsung dalam waktu lama. Itu bisa membuat kaca film memuai dan menimbulkan gelembung-gelembung.
Mengungkap Bunyi Misterius Pada Mesin Mobil Anda Saat Anda menghidupkan mobil pertama kali, setelah tidak dipakai untuk beberapa saat lamanya, atau saat putaran mesin bertambah, terdengar bunyi mencicit. Kemungkinan besar suara itu berasal dari tali penggerak kipas (fan belt) yang selip karena ketegangannya berkurang. Coba setel kembali dan perhatikan bidang geseknya, kalau permukaannya licin dan mengkilap, berarti fan belt telah kehilangan cengkeraman pada puli. Oleh karena itu, segera ganti dengan fan belt yang baru. Knocking atau ‘Metallic Rattling’ Istilah umumya untuk bunyi seperti ini adalah ngelitik. Bunyi ini timbul karena proses pembakaran yang tidak sempurna. Umumnya, akibat terlalu rendahnya oktan dari bahan bakar yang dipergunakan atau mesin mengalami overheating. Gejala ngelitik yang berlebihan bisa mengakibatkan rusaknya piston. Bila suara itu timbul sedikit ketika berakselerasi, bisa diabaikan. Meski begitu, sebaiknya mintalah mekanik untuk memeriksa mesin, agar bunyi ngelitik tersebut hilang. Bunyi Ketukan ‘Berat’ Bila mesin menimbulkan suara ketukan seperti orang sedang memukulkan besi, bisa jadi mesin mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah. Mungkin metal (rod bearing) atau setang pistonnya rusak. Jangan memaksa untuk menjalankan mobil, karena akan memperparah kerusakannya. Suara Mendesis Bisa jadi salah satu slang vacuum terlepas atau bocor. Biasanya diikuti dengan tesendatnya putaran mesin. Mendeteksi suara seperti ini tergolong sulit, sehingga perlu ketelitian. Masukkan kembali selang vacuum yang terlepas, atau ganti baru kalau memang sudah bocor. Suara Mencicit Saat Mobil di Rem Meski rem mobil bekerja sempurna dan kanvas rem baru, bisa saja menimbulkan suara ‘mencicit’. Umumnya akibat permukaan geseknya kotor. Cobalah membersihkan atau mengganti kanvas rem yang didesain untuk mengeliminir bunyi. Suara Gesekan Antar-Logam Saat Mengerem Itu artinya lapisan atau permukaan gesek kanvas rem terlalu tipis, atau bahkan sudah hilang, sehingga terjadi gesekan antar-logam. Kondisi ini dapat mengakibatkan kemampuan rem jauh berkurang. Maka, segera ganti kanvas rem mobil Anda. Suara Mendesis ‘Power Steering’ Bunyi ini timbul pada mobil yang dilengkapi power steering, saat kemudi diputar. Akibat kurangnya jumlah minyak power steering atau rusaknya sistem pompa power steering. Umumnya diikuti dengan beratnya putaran pada setir. Tambahkan minyak power steering bila kurang, atau kunjungi bengkel khusus power steering untuk perbaikan. Bunyi Ketukan Saat Roda Depan Membelok Gejala ini umum terjadi pada mobil-mobil yang digerakkan oleh roda depan. Penyebabnya, kerusakan pada bola-bola di CV joint, karena pembungkus karetnya pecah, sehingga ‘gemuk’ alias gel pelumas di dalamnya telah habis. Kondisi ini akan bertambah parah bila tidak segera diperbaiki. Suara Ketukan Saat Memindahkan Gigi ‘Porsneling’ Bunyi ketukan yang timbul dari bawah mobil waktu memindah posisi gigi, menginjak atau mengangkat pedal gas tiba-tiba. Umumnya diakibatkan karena kerusakan pada sistem penerus tenaga, kendurnya cross-joint atau rusaknya gigi gardan.
Membersihkan Konsol & Dashbor Interior cantik akan menambah rasa percaya diri Anda mengemudikan mobil. Dan mobil yang kelihatan bersih, tak hanya dibagian luarnya saja. Agar nyaman di dalam kabin, dasbor dan konsol perlu mendapat perhatian. Merawatnya gampang sekali, bisa Anda lakukan selagi senggang saat mencuci mobil di rumah. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan : Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti kemoceng yang lembut, busa halus, air hangat, lap bersih, produk treatment protection yang dapat diperoleh di salon mobil atau supermarket, kuas kecil. Bersihkan terlebih dahulu permukaan dasbor dan konsol dari debu dengan kemoceng. Siapkan air hangat dalam ember kecil. Celupkan lap bersih ke dalam air hangat. Gunakan lap tersebut untuk mengelap seluruh permukaan dasbor dan konsol. Apabila air sudah keruh, bilas dengan air hangat yang baru. Lakukan hingga bersih dan merata ke seluruh permukaan dasbor dan konsol. Kemudian gunakan produk treatment protection yang dapat Anda peroleh di salon kecantikan mobil atau supermarket sesuai selera untuk menjaga kelembapan dasbor dan konsol. Gunakan kuas kecil untuk membersihkan debu di bagian - bagian kecil yang tersembunyi dan susah dijangkau seperti blower AC, lipatan-lipatan di pojok dasbor, dll. Setelah semua bersih, beri wangi - wangian khusus mobil sesuai selera agar suasana bertambah segar dan nyaman.
Bagian Mobil yang Sensitif Air Musim hujan telah tiba, pengguna kendaraan roda empat harus melakukan persiapan ekstra untuk mengantisipasi kendaraan mogok atau ada bagian mobil yang rusak karena dimasuki atau sekedar terkena air. Oleh karena itu, mengetahui bagian penting dari kendaraan yang sensitif dengan air menjadi penting. Ada beberapa bagian kendaraan yang dapat menyebabkan jalan mobil tersendat bahkan membuat mesin mati apabila terkena air. Bagian tersebut di antaranya busi, electronic fuel injection (EFI), koil, distributor, dan platina. Ada juga bagian lain seperti alternator yang apabila terendam air dapat menyebabkan bearing mengeluarkan suara disertai dengan pengurangan daya listrik. Bahkan jika air bercampur lumpur, mesin dapat mati dengan tiba-tiba. Selain itu, ada juga bagian mobil yang dapat membuat piston rusak karena air. Misalnya filter udara, apabila air masuk melalui karburator kemudian mesin dipaksa hidup atau berjalan, kondisi ini dapat menyebabkan Piston bengkok bahkan patah. Akibat yang sama juga dapat terjadi apabila air masuk melaui air intake. Ada juga lubang hawa transmisi, karena bagian ini bisa dilalui air, tidak tertutup kemungkinan bercampur dengan oli transmisi. Akibatnya dapat menimbulkan bunyi atau paling tidak mengakibatkan gear rontok atau berkarat. Sistem pengereman juga tidak akan bekerja sempurna karena air. Pengguna mobil perlu memperhatikan karet rem. Untuk sistem tromol maupun cakram, karet yang sudah sobek dapat menyebabkan air menggenangi bagian itu. Genangan air dapat menyebabkan karat yang akhirnya memacetkan sistem rem secara keseluruhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar